Salah satu fungsi Science and Technology Index (SINTA) adalah menilai kinerja jurnal berdasarkan standar akreditasi dan sitasi, dengan mengindeks seluruh jurnal nasional yang sudah diakreditasi oleh Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA). Menurut Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Pangkat/Jabatan Akademik Dosen, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019, Jurnal Nasional Terakreditasi adalah majalah ilmiah yang memenuhi kriteria sebagai jurnal nasional dan mendapat status terakreditasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan masa berlaku akreditasi 5 tahun.

Dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah dijelaskan bahwa Jurnal Nasional dikatakan terakreditasi apabila proses akreditasi jurnal ilmiah dilakukan secara elektronik melalui jejaring teknologi informasi dan komunikasi. Dengan kata lain, semua jurnal yang diterbitkan harus tersedia dalam bentuk daring atau memiliki E-ISSN (ISSN daring) agar artikel dapat ditelusuri, secara transparan dapat diperiksa terutama terkait dengan plagiarisme atau agar tidak terjadi tumpang tindih pengembangan keilmuan, dan meningkatkan daya baca (jurnal terbukti memiliki daya tarik untuk dibaca dan disitasi).

Menurut peraturan yang sama pada ayat (2) dinyatakan peringkat jurnal nasional sebagai hasil akreditasi jurnal ilmiah, yaitu:

  • Peringkat 1 (satu) dengan nilai (n), 85 (delapan puluh lima ≤ n ≤ 100 (seratus). Peringkat 1 dikenali juga sebagai Sinta-1 (S1), sebelumnya disebut terakreditasi A.
  • Peringkat 2 (dua) dengan nilai (n), 70 (tujuh puluh) ≤ n < 85 (delapan puluh lima). Peringkat 2 dikenali juga sebagai Sinta-2 (S2), sebelumnya disebut terakreditasi B.
  • Peringkat 3 (tiga) dengan nilai (n), 60 (enam puluh) ≤ n < 70 (tujuh puluh). Peringkat 3 dikenali juga sebagai Sinta-3 (S3).
  • Peringkat 4 (tiga) dengan nilai (n), 50 (lima puluh) ≤ n < 60 (enam puluh). Peringkat 4 dikenali juga sebagai Sinta-4 (S4).
  • Peringkat 5 (lima) dengan nilai (n), 40 (empat puluh) ≤ n < 50 (lima puluh). Peringkat 5 dikenali juga sebagai Sinta-5 (S5).
  • Peringkat 6 (enam) dengan nilai (n), 30 (tiga puluh) ≤ n < 40 (empat puluh). Peringkat 6 dikenali juga sebagai Sinta-6 (S6).

Jurnal Nasional yang terakreditasi SINTA yang dikelola dan diterbitkan oleh Universitas Trisakti [lihat di sini